Jumat, 01 Maret 2013

TAFSIR AL QUR'AN YANG DI SELEWENGKAN AGAMA SYIAH IMAMIYAH 12

TAFSIR AL QUR'AN YANG DI SELEWENGKAN AGAMA SYIAH IMAMIYAH 12 Oleh As Toni di Penjabaran keyakinan syi'ah imamiyah (Berkas) · Sunting Dokumen · Hapus tafsir al-qur'an pedoman agama islam يَوْمَ نَدْعُوا كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْ فَمَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَأُولَئِكَ يَقْرَءُونَ كِتَابَهُمْ وَلَا يُظْلَمُونَ فَتِيلًا Surah Al Israa' 71 Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (KITABNYA) dan barangsiapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka ini akan membaca kitabnya itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun. تفسير البغوي dalam tafsir albaghawi وقال قتادة أيضا : بكتابهم الذي فيه أعمالهم بدليل سياق الآية . Dijelaskan oleh qatadah maksudnya kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya adalah kami panggil manusia dengan membawa buku catatan amalnya adapun tafsir ini berlandaskan ayat berikutnya yaitu dan barangsiapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka dari itulah lafadz إِمَامِ dalam surat al isra' ayat 71 itu mempunyai arti buku catatan amal كما قال عز وجل : kejelasan seperti ini seperti firman allah azza wajalla sebagai berikut " وكل شيء أحصيناه في إمام مبين " ( يس - 12 ) . Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab induk yang nyata (Lauh Mahfuzh). [Yasin : 12] تفسير القرطبي dalam tafsir al-qurtuby وقال ابن عباس والحسن وقتادة والضحاك : بإمامهم أي بكتابهم ، أي بكتاب كل إنسان منهم الذي فيه عمله ; دليله فمن أوتي كتابه بيمينه . diterangkan oleh ibnu abbas dan alhasan dan qatadah dan dhahak maksudnya kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya adalah kami panggil manusia dengan membawa buku catatan yang berisi amal perbuatan nya adapun dalilnya tafsir semacam ini adalah dengan melihat runtutan (siyaq) pada ayat selanjutnya وقال الحسن وأبو العالية : بإمامهم أي بأعمالهم . وقاله ابن عباس dan pemaknaan alhasan dan abu aliyah bahwasanya maksudnya kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya adalah kami panggil manusia dengan membawa amal perbuatannya hal inilah yang juga dijelaskan oleh ibnu abbas تفسير ابن كثير dalam tafsir ibnu katsir ما رواه العوفي عن ابن عباس في قوله adapun penjelasan yang telah diriwayatkan oleh al aufy dari ibnu abbas tentang firman allah : ( يوم ندعوا كل أناس بإمامهم ) Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (KITAB NYA) maksudnya أي بكتاب أعمالهم وكذا قال أبو العالية والحسن والضحاك dari ayat itu kejelasannya adalah kami panggil manusia dengan membawa kitab yang berisi catatan amal perbuatannya hal inilah yang diterangkan oleh abu aliyah dan al hasan dan adzahaq وهذا القول هو الأرجح adapun ketentuan tafsir ini adalah ketentuan tafsir yang paling unggul ( sahih) untuk di pegang. adapun pemaknaan lafadz إِمَامِ menjadi makna كتاب dalam surat al isra' ayat 71 yang mempunyai arti buku catatan amal itu berlandaskan cara memaknai firmannya allah ta'ala لقوله تعالى : ( وكل شيء أحصيناه في إمام مبين ) يس : 12 ] Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab induk yang nyata (Lauh Mahfuzh). [Yasin : 12] المراد هاهنا بالإمام هو كتاب الأعمال dan makna kata imam yang benar dalam surat al isra ayat 71 adalah kitab/buku catatan amal تفسير الطبري dalam tafsir attabary حدثنا محمد ، قال حدثنا محمد بن ثور ، عن معمر ، عن قتادة ، قال : قال الحسن : بكتابهم الذي فيه أعمالهم . telah menceritakan kepadaku muhammad dan telah menceritakan kepadaku muhammad bin tsur dari muammar dari qatadah berkata : telah berkata alhasan maksud firman allah : ( يوم ندعوا كل أناس بإمامهم ) Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (KITAB NYA) maksudnya adalah kitab yang berisi catatan amal perbuatannya عن الحسين ، قال : سمعت أبا معاذ يقول حدثنا عبيد ، قال : سمعت الضحاك يقول في قوله ( يوم ندعو كل أناس بإمامهم ) يقول : بكتابهم . dari hussein berkata : aku telah mendengar aba mu'adz berkata telah menceritakan kepada kami ubaid kemudian ubaid berkata : aku telah mendengar adhahaq menjelaskan firman allah ( يوم ندعوا كل أناس بإمامهم ) Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (KITAB NYA) maksudnya kata imam di dalam ayat itu adalah kitab berisi amal perbuatan حدثنا القاسم ، قال :حدثنا الحسين ، قال :حدثني حجاج ، عن أبي جعفر ، عن الربيع ، عن أبي العالية ، قال : بأعمالهم . telah menceritakan kepada kami al qashim kemudian al qasim berkata telah menceritakan kepada kami al hussein kemudian alhussein berkata : telah menceritakan kepada kami hujjaj dari abi jakfar dari arrabi' dari aby aliyah beliau berkata firman allah : ( يوم ندعوا كل أناس بإمامهم ) Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (KITAB NYA) maksudnya adalah kitab yang berisi catatan amal perbuatannya حدثني الحارث ، قال : حد ثنا الحسن ، قال :حد ثنا ورقاء ، عن ابن أبي نجيح ، عن مجاهد ( يوم ندعو كل أناس بإمامهم ) بكتابهم . telah menceritakan kepadaku al-harist kemudian al-harist berkata telah menceritakan kepadaku alhasan kemudian alhasan berkata : telah menceritakan kepada kami waraqa' dari ibnu abi najih dari mujahid beliau menjelaskan Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (KITAB NYA) maksudnya kata imam di dalam ayat itu adalah kitab berisi amal perbuatan. فتح القدير الجامع بين فني الرواية والدراية محمد بن علي بن محمد الشوكاني dalam fathul qadir aljami' baina fanniy arriwayah wa addirayah karya muhammad bin ali bin muhammad assyaukani وقال الحسن وأبو العالية : المراد بإمامهم أعمالهم dan telah menjelaskan al-hasan dan abu aliyah maksudnya kata imam dalam surat al isra ayat 71 adalah amal amal perbuatan manusia. _______________________________________________________________________ BERKENAAN DENGAN LAFADZ IMAM DI DALAM AYAT 71 AL-ISRA' TADI SEKTE SEKTE SESAT PENYESAT TAK MAU MELEWATKAN IDE KESESATANNYA DENGAN MENGGUNAKAN TEKS AYAT DI ATAS YANG SALAH SATUNYA ADALAH SYIAH IMAMIYAH 12 DENGAN MENAFSIRI AYAT DI ATAS DENGAN CERITA CERITA KESESATAN NAN FIKTIF ALIRAN SYIAH IMAMIYAH 12 SEBAGAI BERIKUT بحار الأنوار BIHARUL ANWAR ( KITAB SYIAH IMAMIYAH 12) الشيخ محمّد باقر بن محمّد تقي المجلسي KARANGAN MUHAMMAD BAGIR BIN MUHAMMAD TAQI AL MAJLISI (أنه يدعى فيه كل اناس بامامهم)* ssungguhnya para manusia itu akan di panggil beserta imam-imamnya عن أبي جعفر عليه‌السلام في قول الله تبارك وتعالى : «يوم ندعو كل اناس بإمامهم» قال : يجئ رسول الله (ص) في قرنه وعلي في قرنه ، (٣) والحسن في قرنه ، والحسين في قرنه» dari abi jakfar as mentafsirkan tentang ayat Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya Surah Al Israa' 71 bersabdalah abi ja'far : rasul akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya dan ali akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya dan hasan akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya dan hussein akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya عن يعقوب بن شعب قال : قلت لابي عبدالله عليه‌السلام : «يوم ندعو كل اناس بإمامهم» فقال : ندعو (يدعى خ ل) كل قرن من هذه الامة بإمامهم. قلت فيجئ رسول الله (ص) في قرنه ، وعلي عليه‌السلام في قرنه ، و الحسن عليه‌السلام في قرنه ، والحسين عليه‌السلام في قرنه dari ya'qub bin sya'bin berkata : aku telah bertanya pada abi abdillah as tentang maksud ayat Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya Surah Al Israa' 71. maka abi abdillah as bersabda : seluruh manusia dari ummat ( yang beragama syiah imamiyah ) akan dipanggil bersama imam zamannya. lalu abu abdillah as melanjutkan sabdanya : rasul akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya dan ali as akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya dan hasan as akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya dan hussein as akan dipanggil beserta manusia yang hidup sezaman dengannya. عن جابر ، عن أبي جعفر عليه‌السلام : لمانزلت هذه الآية : «يوم ندعوكل اناس بإمامهم» قال المسلمون : يارسول الله أولست إمام المسلمين أجمعين؟ قال : فقال : أنا رسول الله إلى الناس أجمعين ، ولكن سيكون بعدي أئمة على الناس من الله من أهل بيتي ، يقومون في الناس فيكذبون ويظلمون ، ألافمن تولاهم فهو مني ومعي وسليقاني ، ألا ومن ظلمهم وأعان على ظلمهم وكذبهم فليس مني ولا معي وأنامنه برئ. dari jabir dari abi ja'far as ketika turun ayat Ingatlah suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya Surah Al Israa' 71. maka berkatalah muslimun ( syiah imamiyah ) ya rasulallah bukankah engkau ini imamnya seluruh ummat islam ? maka rasulullah menjawab : bukan , aku ini hanya rasulullah kepada seluruh manusia akan tetapi imam dalam ayat tersebuat adalah nanti setelah kematianku bakal dilahirkan para imam-imam manusia ( imam 12 ) dari titah allah yang termasuk dari ahli baitku. ، ألافمن تولاهم فهو مني ومعي وسليقاني ، ألا ومن ظلمهم وأعان على ظلمهم وكذبهم فليس مني ولا معي وأنامنه برئ. ingatlah barangsiapa mau berwilayah pada mereka ( dengan memeluk syiah imamiyah 12) maka dia sudah kuanggap sebagai golonganku dan akan bersama serta bertemu aku. ألا ومن ظلمهم وأعان على ظلمهم وكذبهم فليس مني ولا معي وأنامنه برئ. ingatlah , barangsiapa menganiaya imam 12 dan mendukung pada orang yang menganiyaya nya serta mendustakan imam 12 ( alias tidak mau memeluk agama syiah imamiyah 12) maka dia bukan dari golonganku dan aku berlepas diri darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar