Senin, 03 Desember 2012
bid'ah / pembaharuan
ورد في حديث عائشة
حدثنا أبو جعفر محمد بن الصباح وعبد الله بن عون الهلالي جميعا عن إبراهيم بن سعد قال ابن الصباح حدثنا إبراهيم بن سعد بن إبراهيم بن عبد الرحمن بن عوف حدثنا أبي عن القاسم بن محمد
من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
aisyah meriwayatkan sebuah hadist rasulullah yaitu yang berbunyi
Barang siapa yang mengada-adakan perkara baru didalam urusan kami ini (AGAMA ISLAM) yang tidak ada d
asarnya maka ia tertolak
رواه البخاري ومسلم.
hadist diatas diriwayatkan oleh imam albhukary dan imam muslim
وهذا الحديث مما ينبغي حفظه واستعماله في إبطال المنكرات
dan hadist ini sangat wajib untuk diamalkan untuk meredam bertebarannya kemunkaran kemunkaran
أي مردود. فيه دليل على أن العبادات من الغسل والوضوء والصوم والصلاة إذا فعلت على خلاف الشرع تكون مردودة على فاعلها
maksudnya tertolak didalam hadist tersebut adalah sesungguhnya setiap ibadah dari tata cara mandi besar dan wudlu dan puasa serta solat itu apabila dikerjakan tidak sesuai dengan tatanan kaedah syare'at maka sang pelaku pembaharu amalan tadi tertolak amalan-amalan barunya tersebut
_______________________________________________________
وحدثنا إسحق بن إبراهيم وعبد بن حميد جميعا عن أبي عامر قال عبد حدثنا عبد الملك بن عمرو حدثنا عبد الله بن جعفر الزهري عن سعد بن إبراهيم قال سألت القاسم بن محمد عن رجل له ثلاثة مساكن فأوصى بثلث كل مسكن منها قال يجمع ذلك كله في مسكن واحد ثم قال أخبرتني عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد
aisyah meriwayatkan bahwasanya rasulullah bersabda
siapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama) kami, maka dia tertolak.
كل عمل لا يكون عليه أمر الله ورسوله ، فهو مردود على عامله ، وكل من أحدث في الدين ما لم يأذن به الله ورسوله ، فليس من الدين في شيء
jadi pengertian hadist adalah
barangsiapa melakukan amalan yang mana amalannya tidak diperintahkan oleh allah dan rasulnya
maka amalan tersebut tertolak (bathil) dan barangsiapa membuat pembaharuan amalan dalam syare'at agama
dan amalan tersebut tidak di izinkan oleh allah dan rasulnya
maka
amalan semacam itu tidaklah sah
atau tertolak
فهذا الحديث بمنطوقه يدل على أن كل عمل ليس عليه أمر الشارع
فهو مردود
dan hadist diatas secara manthuq nya memberikan petunjuk bahwasanya setiap amal baru yang tidak ada landasan syare'at
itu tertolak
ويدل بمفهومه على أن كل عمل عليه أمره فهو غير مردود
dan hadist tersebut secara mafhum itu memberikan petunjuk bahwasanya atas segala perbuatan yang baru
yangmana perbuatan baru tersebut masih terkategorikan perintah allah dan rasulnya maka perbuatan tersebut tidak tertolak
catatan
landasan syare'at itu mencakup
kitabullah
dan sunnah rasulnya
ijma
qiyas
فمن كان عمله جاريا تحت أحكام الشرع موافقا لها ، فهو مقبول ، ومن كان خارجا عن ذلك ، فهو مردود .
maka barangsiapa melakukan pembaharuan amal yangmana amalnya masih ada landasan perintah dari syare'at dan sesuai dengan kaedah syare'at maka amalan pembaharuan tersebut diterima
dan barangsiapa melakukan pembaharuan amaliyah namun keluar dari landasan syare'at maka amalan tersebut tertolak
_______________________________________________________
في حديث العرباض بن سارية وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل بدعة ضلالة
dalam hadist yang diriwayatkan irbadl bin sariyyah
rasulullah bersabda''jauhilah oleh kalian urusan-urusan yang diada-adakan, karena setiap urusan yang diada-adakan ialah bid’ah, dan setiap bid’ah ialah sesat
هذا أخرجه أحمد وأبو داود والترمذي وصححه ابن ماجه وابن حبان والحاكم
hadist ini di keluarkan oleh imam ahmad dan abu dawud dan attirmidzi
dan telah disahihkan ibnu majjah dan ibnu hibban dan alhakim
وجاء عن الشافعي أيضا ما أخرجه البيهقي في مناقبه قال " المحدثات ضربان ما أحدث يخالف كتابا أو سنة أو أثرا أو إجماعا فهذه بدعة الضلال ، وما أحدث من الخير لا يخالف شيئا من ذلك فهذه محدثة غير مذمومة " انتهى
dan telah dijelaskan oleh imam assyafi'i yang telah ditakhrij albaihaqi bahwasanya imam assyafi'i menerangkan '' urusan-urusan yang diada-adakan/ urusan yang baru ada itu ada dua kategori yaitu
pertama sebuah urusan / amaliyyah baru yang menyelisihi kitabullah atau sunah rasulillah atau astar atau ijma maka
hal semacam inilah dinamakan pembaharuan amaliyyah yang terkategorikan bid'ah sesat
adapun yang kedua adalah pembaharuan amaliyyah kebaikan yang tidak menyelisihi kitabullah,sunnah,ijma dan astar maka pembaharuan amal semacam ini tidak tercela dan tidak termasuk bid'ah sesat
قال الشافعي " البدعة بدعتان : محمودة ومذمومة ، فما وافق السنة فهو محمود وما خالفها فهو مذموم
maka dari inilah imam assyafi'i menuturkan
bahwasanya bid'ah itu ada dua
yaitu bid'ah (pembaharuan amal) yang
yang terpuji dan bid'ah (pembaharuan ) amal yang tercela
maka dari itu apabila ada pembaharuan yang sesuai dengan kaedah sunnah maka itu dinamakan pembaharuan (bid'ah) yang terpuji , namun apabila ada pembaharuan amaliyah (bid'ah) yang tidak sesuai sunnah maka pembaharuan amaliyah (bid'ah ) tersebut dikategorikan sebagai pembaharuan (bid'ah) yang dicela syare'at islam
referensi
fathul barri ala sahih muslim
http://www.youtube.com/watch?v=WDS0GExoDfA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar