Senin, 03 Desember 2012

bid'ah / pembaharuan

ورد في حديث عائشة حدثنا أبو جعفر محمد بن الصباح وعبد الله بن عون الهلالي جميعا عن إبراهيم بن سعد قال ابن الصباح حدثنا إبراهيم بن سعد بن إبراهيم بن عبد الرحمن بن عوف حدثنا أبي عن القاسم بن محمد من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد aisyah meriwayatkan sebuah hadist rasulullah yaitu yang berbunyi Barang siapa yang mengada-adakan perkara baru didalam urusan kami ini (AGAMA ISLAM) yang tidak ada d asarnya maka ia tertolak رواه البخاري ومسلم. hadist diatas diriwayatkan oleh imam albhukary dan imam muslim وهذا الحديث مما ينبغي حفظه واستعماله في إبطال المنكرات dan hadist ini sangat wajib untuk diamalkan untuk meredam bertebarannya kemunkaran kemunkaran أي مردود. فيه دليل على أن العبادات من الغسل والوضوء والصوم والصلاة إذا فعلت على خلاف الشرع تكون مردودة على فاعلها maksudnya tertolak didalam hadist tersebut adalah sesungguhnya setiap ibadah dari tata cara mandi besar dan wudlu dan puasa serta solat itu apabila dikerjakan tidak sesuai dengan tatanan kaedah syare'at maka sang pelaku pembaharu amalan tadi tertolak amalan-amalan barunya tersebut _______________________________________________________ وحدثنا إسحق بن إبراهيم وعبد بن حميد جميعا عن أبي عامر قال عبد حدثنا عبد الملك بن عمرو حدثنا عبد الله بن جعفر الزهري عن سعد بن إبراهيم قال سألت القاسم بن محمد عن رجل له ثلاثة مساكن فأوصى بثلث كل مسكن منها قال يجمع ذلك كله في مسكن واحد ثم قال أخبرتني عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد aisyah meriwayatkan bahwasanya rasulullah bersabda siapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama) kami, maka dia tertolak. كل عمل لا يكون عليه أمر الله ورسوله ، فهو مردود على عامله ، وكل من أحدث في الدين ما لم يأذن به الله ورسوله ، فليس من الدين في شيء jadi pengertian hadist adalah barangsiapa melakukan amalan yang mana amalannya tidak diperintahkan oleh allah dan rasulnya maka amalan tersebut tertolak (bathil) dan barangsiapa membuat pembaharuan amalan dalam syare'at agama dan amalan tersebut tidak di izinkan oleh allah dan rasulnya maka amalan semacam itu tidaklah sah atau tertolak فهذا الحديث بمنطوقه يدل على أن كل عمل ليس عليه أمر الشارع فهو مردود dan hadist diatas secara manthuq nya memberikan petunjuk bahwasanya setiap amal baru yang tidak ada landasan syare'at itu tertolak ويدل بمفهومه على أن كل عمل عليه أمره فهو غير مردود dan hadist tersebut secara mafhum itu memberikan petunjuk bahwasanya atas segala perbuatan yang baru yangmana perbuatan baru tersebut masih terkategorikan perintah allah dan rasulnya maka perbuatan tersebut tidak tertolak catatan landasan syare'at itu mencakup kitabullah dan sunnah rasulnya ijma qiyas فمن كان عمله جاريا تحت أحكام الشرع موافقا لها ، فهو مقبول ، ومن كان خارجا عن ذلك ، فهو مردود . maka barangsiapa melakukan pembaharuan amal yangmana amalnya masih ada landasan perintah dari syare'at dan sesuai dengan kaedah syare'at maka amalan pembaharuan tersebut diterima dan barangsiapa melakukan pembaharuan amaliyah namun keluar dari landasan syare'at maka amalan tersebut tertolak _______________________________________________________ في حديث العرباض بن سارية وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل بدعة ضلالة dalam hadist yang diriwayatkan irbadl bin sariyyah rasulullah bersabda''jauhilah oleh kalian urusan-urusan yang diada-adakan, karena setiap urusan yang diada-adakan ialah bid’ah, dan setiap bid’ah ialah sesat هذا أخرجه أحمد وأبو داود والترمذي وصححه ابن ماجه وابن حبان والحاكم hadist ini di keluarkan oleh imam ahmad dan abu dawud dan attirmidzi dan telah disahihkan ibnu majjah dan ibnu hibban dan alhakim وجاء عن الشافعي أيضا ما أخرجه البيهقي في مناقبه قال " المحدثات ضربان ما أحدث يخالف كتابا أو سنة أو أثرا أو إجماعا فهذه بدعة الضلال ، وما أحدث من الخير لا يخالف شيئا من ذلك فهذه محدثة غير مذمومة " انتهى dan telah dijelaskan oleh imam assyafi'i yang telah ditakhrij albaihaqi bahwasanya imam assyafi'i menerangkan '' urusan-urusan yang diada-adakan/ urusan yang baru ada itu ada dua kategori yaitu pertama sebuah urusan / amaliyyah baru yang menyelisihi kitabullah atau sunah rasulillah atau astar atau ijma maka hal semacam inilah dinamakan pembaharuan amaliyyah yang terkategorikan bid'ah sesat adapun yang kedua adalah pembaharuan amaliyyah kebaikan yang tidak menyelisihi kitabullah,sunnah,ijma dan astar maka pembaharuan amal semacam ini tidak tercela dan tidak termasuk bid'ah sesat قال الشافعي " البدعة بدعتان : محمودة ومذمومة ، فما وافق السنة فهو محمود وما خالفها فهو مذموم maka dari inilah imam assyafi'i menuturkan bahwasanya bid'ah itu ada dua yaitu bid'ah (pembaharuan amal) yang yang terpuji dan bid'ah (pembaharuan ) amal yang tercela maka dari itu apabila ada pembaharuan yang sesuai dengan kaedah sunnah maka itu dinamakan pembaharuan (bid'ah) yang terpuji , namun apabila ada pembaharuan amaliyah (bid'ah) yang tidak sesuai sunnah maka pembaharuan amaliyah (bid'ah ) tersebut dikategorikan sebagai pembaharuan (bid'ah) yang dicela syare'at islam referensi fathul barri ala sahih muslim http://www.youtube.com/watch?v=WDS0GExoDfA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar